Rabu, 19 November 2008

Kepemimpinan di Sekolah

Seorang Leader di sekolah atau langsung saja sebut Kepala Sekolah (KS) harus memiliki kompetensi (1) kepribadian, (2) manajerial, (3) kewirausahaan, (4) supervise dan (5) social.

Sebagai Leader yang berkepribadian seorang KS seharusnya (1) berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah, (2) memiliki integritas keperibadian sebagai peminpin, (3) Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah/madrasahi, (4) Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, (5) Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah/madrasah dan (6) Memiiki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.

Sebagai seorang Manajer KS memiliki tugas (1) menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan, (2) mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan, (3) memimpin sekolaj/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolaqh secara optimal, (4) Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif, (5) Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik, (6) mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal, (7) mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal, (8) Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah, (9) Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik, (10) Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional, (11) Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien, (12) Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencaapaian tujuan sekolah/madrasah, (13) Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah, (14) Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan, (15) Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah, dan (16) Melakukan monitoring, evqluqsi dan pelaporan oelksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

Kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh KS mencakup (1) Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah, (2) Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai orgaisasi pembelajar yang efektif, (3) Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah, (4) Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah, dan (5) Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik.

Sebagai Supervisor, seorang KS harus mampu (1) Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, (2) Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, dan (3) Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

Disamping itu seorang KS harus melengkapi dirinya dengan kompetensi social yang mencakup (1) Bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah, (2) Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan (3) Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain

Tidak ada komentar: