Selasa, 17 Februari 2009

Sambutan Perkenalan Kepala SMA Negeri 1 Sutojayan dengan Siswa

SAMBUTAN PERKENALAN
KEPALA SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN
Bismillahir rahmaanir rahiim

Assalamu alaiukum warahmatullohi wabarakaatuh

Innal hamdal lillah nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu wana’uudhubillahi min syururi anfusinaa wa min sayyiati a’maalinaa man yahdihillahu falaa mudzil lalahu wa man yudzlil fala haadiya lahu, wa asyhadu anlailaha illallohu wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ’aduhu wa rasuuluhu. Amma ba’du:

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kab. Blitar
Yth. Muspika Kec. Sutojayan
Yth. Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kec. Sutojayan
Yth. Pengawas Pendidikan Lanjutan Kab. Blitar
Yth. Kepala SMA Negeri se-Kabupaten Blitar
Yth. Ketua dan Pengurus Komite Sekolah SMA Negeri 1 Sutojayan
Yth. Pimpinan Lembaga di Wily. Sutojayan
Yth. Kepala SMA Negeri 1 Sutojayan yang lama
Yth. Guru-guru SMA Negeri 1 Sutojayan
Yth. Guru-guru SMA Negeri 1 Kesamben, dan
Seluruh undangan yang dirahmati Allah SWT

Bagi-Mu, segala puji wahai Dzat yang telah menunjuki kami dengan agama-Mu. Kami bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang patut disembah selain Engkau, wahai Dzat yang Maha Agung dan Maha Mulia, yang keagungan dan ke-muliaan-Mu tidak akan sirna, meskipun seluruh manusia Kafir dan durhaka kepada-Mu.

Shalawat dan salam semoga Engkau limpahkan kepada beliau Nabi Muhammad saw, keluarga, kerabat dan shahabat beliau, serta kaum Muslim yang secara konsisten dan konsekuen menjalankan dan mendakwahkan ajarannyahingga Hari Kiamat.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Kami mengucapkan permisi dan kolonuwun di SMA Negeri 1 Sutojayan ini, ijinkanlah saya bergabung dengan civitas akademika yang ada di sini, ijinkanlah pula Saya bergabung dengan warga besar SMA Negeri 1 Sutojayan khususnya dan masyarakat Kecamatan Sutojayan pada umumnya.

Patutlah kiranya pada kesempatan ini Saya memperkenalkan diri kepada warga besar SMA Negeri 1 Sutojayan tercinta ini. Kedua orang tua saya, limapuluh tahun yang lalu memberikan Saya sebuah nama yaitu: Budiono, nama yang cukup singkat, padat namun bermakna. Saya dengan seorang Isteri bernama Hanik Mahmudah, diamanati oleh Allah tiga orang anak. Pada tahun 1994 lahirlah anak pertama Kami beri nama ”Annisa Rahma Nuzula Budiani”, anak kedua lahir tahun 2001 seorang anak laki-laki yang Kami beri nama “Rizal Akbar Maulana Al Hakim”, dan ternyata pada tahun 2004 Allah masih mempercayai Kami dengan lahirnya seorang anak perempuan lagi yang Kami beri nama ”Sophia Putri Tsalsa Budiani”. Genaplah kebahagiaan Kami dengan dikaruniai tiga orang putra-putri ini.

Awal perjalanan karir, saya sebagai guru di SMA Negeri 2 Kota Blitar pada tahun 1986—1999, pada akhir tahun 1999 Saya pindah tugas mengajar di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar, dan disini saya mengabdikan diri sampai dengan tahun April 2004. Pada tanggal 20 April 2004, melalu surat keputusan Bupati Blitar, Saya mendapat tugas menjadi guru di SMA Negeri 1 Kesamben, Kabupaten Blitar dengan tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, dan pada saat ini (9 Februari 2009) Allah menakdirkan bergabung dengan saudara-saudara Saya yang berada di SMA Negeri 1 Sutojayan tercinta ini. Suatu kebahagiaan yang luar biasa, alhamdulillah dengan demikian saudara saya bertambah banyak, sehingga jalinan silaturrahim juga semakin banyak, mudah-mudahan Allah akan memanjangkan usia kita dengan dikaruniai rizki yang barokah.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Saya bukan malaikat yang diturunkan oleh Allah dari langit, bukan juga resi ”orang suci” yang turun dari gunung, namun saya hanyalah seorang anak manusia yang seperti saudara-saudara semua. Tentu Saya tidak akan mampu menyulap lembaga ini seperti yang saudara-saudara harapkan, namun dengan kerja keras semua pihak yang ada disini insya Allah, jika Allah meridhoi tidak ada sesuatu yang mustakil untuk kita raih.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Pendidikan adalah sebuah sistem, dimana antar elemen harus saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Satu elemen saja tidak mendukung, perjalanan sebuah organisasi akan mengalami kendala. Elemen yang ada untuk memajukan sekolah terdiri pimpinan, guru, karyawan, siswa, komite sekolah (masyarakat), komunitas di sekelilingnya, pemerintah—semua elemen ini harus sinergis dalam upaya memajukan pendidikan. Saya yakin, semua sepakat bahwa pendidikan sangat penting. Untuk mari kita satu niat, satu kata, satu perbuatan untuk memajukan pendidikan, khususnya di SMA Negeri 1 Sutojayan tercinta ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Amanah sebagai seorang pimpinan adalah sangat berat, untuk itu sekali lagi saya mengajak semua lini harus saling bekerja sama, sangat naif kalau terjadi kita hanya bisa saling mencari kelemahan dan kekurangan pihak lain. Mari kelemahan yang ada saling kita tutup, dan kelebihan yang ada kita kembangkan. Mari kita saling tolong menolong dan membantu dalam kebaikan dan takwa, jangan segan mengingatkan, menegur jika pimpinan salah. Selamatkanlah dia, kalau dia berada di tepai jurang marabahaya. Demikian pula sebaliknya, siapapun yang tidak mentaati peraturan yang telah disepakai bersama, jika ditegur oleh pimpinan harus legowo bisa menerima dengan besar hati dan lapang dada, inilah salah satu tugas pimpinan.

Sekali lagi saya ingin selamat dunia dan akhirat, seperti halnya saudara-saudara semuanya. Mari lembaga ini kita kelola bersama dengan penuh transparansi dan akuntabilitas.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Terakhir untuk anak-anakku siswa SMA Negeri 1 Sutojayan tercinta, Bapak mengucapkan selamat belajar, selamat meniti masa depan melalui lembaga ini, semoga keberhasilan selalu diberikan oleh Allah kepada Kita semua. Khususnya anak-anakku kelas XII ingat Ujian Nasional telah di depan mata kita, ingat tanggal 20 April 2009 itulah hari pertama diselenggarakannya Ujian Nasional, sebentar lagi, bukan?. Kalian harus sukses, manfaatkan kesempatan yang masih ada ini sebaik-baiknya, jangan pernah bermimpi sukses tanpa usaha dan kerja keras. Ingat apabila hari ini kalian terlalu lunak menata kehidupan, di hari tua kalian akan ditindas dan dihimpit oleh kerasnya kehidupan. Namun sebaliknya apabila hari ini kalian keras penuh disiplin dalam menata kehidupan, insya Allah ke depan kerasnya kehidupan akan takluk dan lunak di hadapanmu.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Itulah kata sambutan yang dapat saya sampaikan, terima kasih agas segala perhatian, mohon maaf atas segala kesalahan. Hadanallohu ajmain. Walasamu alaikum w.w. (Oleh: Drs. Budiono, M.Pd)

Tidak ada komentar: